SOSIALISASI PEMBENTUKAN DAN PEMBINAAN JAGA WARGA DI KALURAHAN SENDANGADI

Wisnu Sasongko 21 Oktober 2022 12:40:50 WIB

Sendangadi - Kamis (20/10/2022) bertempat di Aula Wongso Premujo, Pemerintah Kalurahan Sendangadi bekerja sama dengan Satpol PP Propinsi D.I.Yogyakarta mengadakan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Jaga Warga sekalurahan Sendangadi. Acara ini dihadiri oleh Kasatpol PP D.I.Y, Perwakilan Satpol PP Kab. Sleman, Lurah Sendangadi, Pamong Kalurahan Sendangadi, Babinsa dan Babhinkamtibmas, serta perwakilan dari tokoh masyarakat yang ditunjuk oleh Dukuh.

Sesuai dengan peraturan Gubernur D.I.Yogyakarta No. 28 Tahun 2021 tentang Kelompok Jaga Warga, dan sebagai upaya untuk menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat, maka Pemerintah Kalurahan Sendangadi melalui Dukuh yang terdiri dari 14 Padukuhan, akan membentuk Kelompok Jaga Warga yang pembentukannya merupakan inisiatif masyarakat berdasar asas sukarela, kebersamaan, kearifan lokal, gotong royong, swakarsa dan partisipasi.

Dalam sosialisasi tersebut Kasatpol PP D.I.Yogyakarta Drs. Noviar Rahmad, M.Si menerangkan “Anggota Kelompok Jaga Warga terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan atau seksi-seksi. Kelompok Jaga Warga berkedudukan sebagai mitra Dukuh di wilayah kerjanya dan mempunyai tugas diantaranya adalah menyelesaikan Konflik Sosial, memberikan saran dan pertimbangan kepada Dukuh, serta melakukan koordinasi dengan pranata sosial yang ada untuk meningkatkan partisipasi masyarakat”.

“Adapun wewenang dari Kelompok Jaga Warga adalah mengundang pihak-pihak yang berkepentingan untuk dimintai keterangan kemudian mengambil keputusan secara musyawarah mufakat selanjutnya memberikan saran serta pertimbangan kepada Dukuh terkait penyelesain suatu masalah atau konflik sosial” pungkasnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar