KOMINFO SLEMAN BAGIKAN SET TOP BOX (STB) GRATIS KEPADA WARGA KALURAHAN SENDANGADI

Wisnu Sasongko 24 Oktober 2022 10:07:57 WIB

Sendangadi - Menyongsong tahap pertama Analog Switch Off (ASO) tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menyiapkan piranti set top box (STB) untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat tidak mampu. Sebanyak 86 keluarga miskin di Kalurahan Sendangadi mendapatkan subsidi alat untuk nonton siaran TV digital, Senin (24/10/2022).

Dengan bantuan STB gratis itu, masyarakat yang memiliki TV analog tidak perlu mengganti televisi baru. Cukup memasang piranti agar masyarakat tetap menikmati siaran TV digital. Penyediaan STB sebagai upaya mendukung migrasi dari TV analog ke TV digital pada tahun 2022 ini.

Masyarakat yang memperoleh bantuan STB, mereka harus masuk dalam DTKS Kemensos. Minimal dalam satu keluarga tersebut memiliki satu unit TV analog. Oleh karena itu, pihak Kominfo mendorong masyarakat proaktif mengecek data DTKS. Bagi yang berminat dapat STB gratis, agar menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP dan kartu keluarga (KK). Pemberian alat ini masuk kategori bantuan sosial (bansos). Lokasi penerima bantuan harus berada dalam cakupan yang terdampak ASO.

Program ASO dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pada 30 April 2022 untuk 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota, tahap kedua pada 25 Agustus 2022 untuk 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan tahap ketiga pada 2 November 2022 untuk 25 wilayah siaran di 65 kabupaten/kota.

Komentar atas KOMINFO SLEMAN BAGIKAN SET TOP BOX (STB) GRATIS KEPADA WARGA KALURAHAN SENDANGADI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar