WORKSHOP PENYUSUNAN PERBUP TENTANG BATAS KALURAHAN

Wisnu Sasongko 09 Maret 2021 11:56:27 WIB

Sendangadi - Pelaksanaan Workshop Penyusunan Perbup Tentang Batas Kalurahan dilaksanakan pada hari Selasa s/d Rabu, 9-10 Maret 2021 yang bertempat di Ruang Edelweiss The Rich Jogja Hotel. Dasar hukum pelaksanaan penyusunan perbup tentang batas kalurahan adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 141 tahun 2017 tentang penegasan batas daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 45 tahun 2016 tentang pedoman penetapan dan penegasan batas Desa. Sdri Laras Ayu Anggia Kirana, SE dari Seksi Keamanan hadir mewakili Jagabaya Kalurahan Sendangadi.

Narasumber dari kegiatan workshop ini adalah Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Sleman Bapak Samsul Bakri, S.IP, M.M., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Kabupaten Sleman Bapak Drs. Budiharjo, M.Si, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman Bapak Muhammad Sugandi, SH, M.Si, dan Kepala Bagian Hukum Kabupaten Sleman Bapak Edi Harmana, SH, M.Hum.

Peserta workshop dari beberapa kalurahan yang ada di Kapanewon mlati dan Kapanewon Sleman. Acara workshop ini diselenggarakan untuk membuat Perbup mengenai batas Kalurahan, batas Padukuhan ataupun batas RT. Hasil dari workshop ini adalah penataan batas wilayah Kalurahan, merupakan salah satu upaya penting yang dapat dilakukan dalam rangka pengendalian dini terhadap konflik antar Kalurahan, yang terkait dengan masalah klaim batas Kalurahan, sengketa penguasaan lahan antar masyarakat dan pengelolaan aset sumber daya alam didalamnya.

Manfaat penetapan dan penegasan batas Kalurahan untuk menciptakan tertib administrasi Pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu Kalurahan yang memenuhi aspek teknis dan yuridis. Tujuan dari pemetaan ini adalah menjamin ketersediaannya akses informasi geospasial. Peta yang dibutuhkan dalam pelaksanaan ini adalah peta dasar menggunakan CSRT yg sudah terotoverifikasi dan peta kalurahan lama sedangkan peralatan yg diperlukan adalah GPS navigasi, GPS geodetik, software GIS, komputer, dan patok sementara. Tahapan pelaksanaan yg pertama adalah penelitian dokumen, pelacakan dan penentuan posisi batas, pemasangan dan pengukuran pilar batas, dan pembuatan peta batas.

Komentar atas WORKSHOP PENYUSUNAN PERBUP TENTANG BATAS KALURAHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar