SOSIALISASI DAN SIMULASI E-VOTING PEMILIHAN LURAH

Wisnu Sasongko 15 Maret 2021 11:16:37 WIB

Sendangadi - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman melaksanakan Sosialisasi dan simulasi E-Voting yang dilaksanakan di kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Senin (15/03/2021).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh Pamong Kalurahan, Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan, dan perwakilan tokoh masyarakat dari lingkup RT/RW di wilayah Kalurahan Sendangadi. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, acara ini dibagi menjadi 3 gelombang setiap harinya dan dilaksanakan mulai hari Senin (15/03/2021) sampai dengan Jumat (19/03/2021). Mereka sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi ini, dan masyarakat pun diberikan barcode untuk mengakses surat suara digital tersebut.

Jagabaya Kalurahan Sendangadi Isma Nur Pratama mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar semua masyarakat mengetahui cara kerja dan tata cara E-Voting ini, sehingga masyarakat tidak ragu-ragu lagi menggunakan alat E-Voting ini.

"Awal-awalnya mungkin masyarakat beranggapan E-Voting sulit dilakukan, tetapi setelah dicoba banyak tanggapan mayarakat yang menyatakan bahwa ini lebih mudah dilakukan, bahkan lebih mudah pada surat suara yang manual, "ungkapnya.

Isma juga berharap E-Voting, kedepannya menjadi metode dalam pemilihan umum karena begitu mudahnya melakukan perhitungan dari pada surat suara manual, E-Voting hanya memerlukan beberapa menit untuk mendapatkan hasil suara.

Panewu Mlati Bapak Drs. Yakti Yudanto dalam menanggapi kegiatan ini mengatakan, Peran Diskominfo dan Dinas PMK disini menyiapkan pengembangan aplikasi untuk mendukung kegiatan Pilkades berbasis digital.

"Secara teknis, akan membantu panitia untuk mengelola aplikasinya, mulai dari penggunaan sampai dengan hasil terakhir Pemilihan Lurah, dan jika ada kerusakaan atau kendala ada beberapa antisipasi untuk memperbaikinya," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Sendangadi Drs. H. Damanhuri, MBA., MM mengatakan, "allhamdulillah sosialisasi hari pertama ini berjalan dengan lancar, aman tertib dan hasilnya sangat memuaskan serta para peserta sangat antusias dan semangat mengikuti sosialisasi ini. Harapan kami Pemilihan Lurah di kalurahan Sendangadi dengan menggunakan E-Voting ini, bermanfaat, sangat cepat, dan tidak ada suara yang tidak sah".

Komentar atas SOSIALISASI DAN SIMULASI E-VOTING PEMILIHAN LURAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar