PENANGANAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) TERLANTAR

Wisnu Sasongko 28 Mei 2021 21:49:03 WIB

Sendangadi - Tak ada orang yang ingin hidup dengan kondisi mental terganggu. Hal ini harusnya disadari oleh mereka yang memiliki saudara atau kerabat, teman dekat dengan kondisi mental yang tak seperti pada umumnya. Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) seringkali seolah menjadi momok yang menakutkan. Padahal, kita sebagai manusia mestinya  memiliki rasa empati dan peduli, bukan mengucilkan, tetapi perlu cara dalam menghadapi dengan memberikan perlakuan yang tepat untuk mereka. Orang dengan kondisi seperti itu bukanlah keinginan, melainkan karena berbagai macam penyebab. Menghadapi orang dengan gangguan jiwa memang tidak bisa sembarangan.

Penyakit gangguan mental atau seringkali disebut penyakit gangguan jiwa adalah merupakan penyakit yang mempengaruhi otak dan mengganggu keseimbangan kimiawi. Begitu berat penyakit gangguan mental yang diderita, kerap mengalami gejala psikosis yang membuat resah dan jarang membuat malu keluarga, ketika mencapai puncaknya, tanpa pengetahuan yang memadai, bukannya di bawa ke rumah sakit tapi dibawa ke semacam rumah peristirahatan bagi orang-orang yang mengalami luka batin yang dikelola oleh si penderita. Di tempat tersebut diberikan religi dan spiritual disertai obat-obatan namun tak dilakukan diagnosa yang cermat dan mendalam dokter ahli jiwa.

Jumat (28/5/2021) Tim Penanganan ODGJ Kalurahan Sendangadi melakukan penanganan pasien ODGJ. Dalam penanganannya diwakili oleh Staff Kalurahan Sendangadi, Babhinkamtibmas, dan Kader Penanganan ODGJ Pemkab Sleman. Dengan menggunakan armada ambulance dari NU Peduli, Tim mengantar pasien ODGJ terlantar ke RS Prof. Dr. Soerojo Magelang untuk dilakukan penanganan kesehatan fisik maupun jiwa.

Ditemui saat penanganan, Staff Kalurahan Sendangadi Ibu Dian Nurwitasari mengatakan "Kegiatan ini sudah menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi dari seksi Kamituwa Kalurahan Sendangadi, bersyukur pasien ODGJ yang ditanganni tidak agresif dan mau menurut dengan Tim. Untuk penanganan pasien, menggunakan APBKal Kalurahan Sendangadi untuk Kegiatan Penanganan ODGJ yang bersumber dari Pagu Dana Desa (DD APBN)".  

Komentar atas PENANGANAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) TERLANTAR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar